News & Articles

Latest News and Updates

smartphone-1701096_1920.jpg

4 Hal Yang (Sebaiknya) Tidak Dilakukan Ketika Berbisnis Di Media Sosial

Media sosial memang menuntut kita untuk selalu mengupdate halaman media sosial yang kita miliki. Namun terus menerus mengupdate tanpa perencanaan akan membuat merek/produk kita terlihat buruk.Dengan perencanaan konten, maka kita dapat memberikan “kisah” dan tema yang tepat untuk menceritakan produk & jasa yang kita miliki.Perencanaan konten juga memudahkan akun-akun media sosial kita untuk dikenali dan muncul secara otomatis sebagai akun cocok diikuti oleh pengguna media sosial.

 

Contoh diatas adalah capture dari Instagram feed  @anakjajan . Seperti yang terlihat, @anakjajan adalah sebuah akun yang mengkhususkan diri pada bidang kuliner.Dengan konsistensi seperti ini,maka secara otomatis Instagram akan menyarankan akun ini kepada pengguna Instagram lainnya yang memiliki ketertarikan atau mempunyai konten sejenis

 

2.Menggabungkan Akun Bisnis Dengan Akun Pribadi

Menggabungkan akun bisnis dengan akun pribadi merupakan hal yang cukup sering terjadi. Dalam beberapa bidang tertentu seperti artis atau seniman,kehidupan pribadi mereka masih merupakan hal yang menarik bagi penggemar dan pengikutnya.Namun bagaimana bila kita menjual produk atau menawarkan jasa?

Menggabungkan akun bisnis dan akun pribadi akan membingungkan dan menyulitkan pelanggan kita untuk menemukan akun kita. Algoritma Instagram,media sosial yang paling populer saat ini juga sangat mengutamakan konsistensi dalam tema posting yang kita buat.Oleh karena itu setelah perencanaan posting sudah baik,maka akan sangat disarankan kita membuat akun khusus untuk bisnis kita

 

Akun khusus bisnis yang disediakan oleh berbagai media sosial saat ini menyediakan perhitungan statistik mengenai performa akun bisnis kita di media sosial. Selain itu berbagai informasi mengenai profil pengikut akun bisnis kita di media soial dapat diketahui dengan mudah.Mulai dari jenis kelamin hingga waktu yang tepat untuk “bertemu” dengan mereka secara online.

 

3.Beli Followers

Membeli followers  dapat membuat akun media sosial kita meningkat dengan cepat tanpa harus bersusah payah membuat konten.Namun dengan cara seperti ini umumnya followers yang kita dapatkan bukan merupakan followers aktif yang tertarik dengan bisnis kita.Lebih buruk lagi, pembelian dengan cara ini akan merusak statistik akun bisnis kita,menurunkan peringkat kita di media sosial dan menyebabkan data yang ada tidak valid.

4.Tidak Instagram-able

Dengan kata lain foto dan video yang kita posting tidak enak dilihat. Ketika kita berjualan melalui media sosial dan media online lainnya, calon pelanggan kita tidak dapat menyentuh,mencium, atau melakukan kontak fisik lainnya dengan produk kita. Apabila kita menjual jasapun, calon pelanggan kita juga tidak dapat memastikan apakah kita adalah penyedia jasa yang tepat.

Kesempatan kita adalah menyediakan foto & video yang meyakinkan dan berkualitas. Jangan ragu untuk menggunakan jasa fotografer profesional, namun apabila budget masih terbatas,kita dapat juga mencoba belajar untuk mengambil foto dan mengeditnya sendiri.Sudah cukup banyak tips dan trik yang mudah dipraktekan di YouTube

 

 

 

 

 

4 Hal Yang (Sebaiknya) Tidak Dilakukan Ketika Berbisnis Di Media Sosial
Share this post

Related Posts