News & Articles

Latest News and Updates

friendster-page-on-2006.jpg

Sebelum Sosmed:Friendster

Friendster pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Ide friendster sendiri berawal dari situs-situs datang yang telah banyak  tersebar, Jonathan melihatnya sebagai sesuatu yang ‘creepy’ karena orang-orang yang terhubung tidak dapat ‘melihat satu-sama lain’. Keinginan Jonathan agar antar individu yang lainnya saling terhubung satu sama lain, tidak hanya itu Jonathan pun menginginkan agar setiap individu bisa saling share, baik itu musik, video, maupun informasi-informasi.

Pada saat nenek moyang media sosial Friendster sedang dalam puncak popularitas. Salah satu hal yang ‘dibanggakan’ oleh para penggunanya adalah seberapa banyak teman yang dimiliki dan testimonial yang kita terima (dalam perkembangannya berubah menjadi comment)

Friendster Testimonials

Saat itu Friendster membatasi jumlah teman anda hanya sampai 505 orang teman.Oleh karena itu,memiliki akun Friendster lebih dari satu menjadi suatu hal yang cukup populer pada masa itu.

Jadi tidak mengherankan apabila Si A punya akun Friendster A1 Full dilanjutkan dengan A2-A3 dan seterusnya. Beberapa teman saya memiliki sampai 15 akun untuk menjaga eksistensinya sebagai raja/ratu Friendster.

Namun setelah dilihat lebih dekat,ternyata beberapa atau mungkin sebagian besar teman yang ada di friendlist nya ternyata hampir tidak ada bedanya dengan friendlist di akun-akun sebelumnya.Jadi bisa dikatakan akun-akun sekuel ini hanya untuk menampung teman-teman yang mungkin tidak terlalu dikenal dengan baik

Pada tahun 2003, Google menawar Friendster seharga 30 Juta Dollar Amerika namun ditolak oleh manajemen,dan tercatat sebagai salah satu blunder terbesar yang pernah dilakukan di Silicon Valley.

Popularitas Friendster mulai menurun seiiring bermunculannya berbagai macam media sosial sejenis dengan fitur-fitur menarik. Seperti Myspace,Plurk,dan tentunya yang paling fenomenal: Facebook.Saat ini Friendster dimiliki oleh MOL Global dan sedang dalam perkembangan ulang

 

Friendster

Sebelum Sosmed:Friendster
Share this post

Related Posts